Thursday, September 17, 2015

Tantangan Menanam Kangkung Di Amrik

Bagaimana caranya supaya berhasil menanam kangkung di Amrik terutama di Northeastern USA ?. Begitu berulang kali pertanyaan itu muncul dalam benak saya sejak tahun-tahun awal kami hijrah ke Amrik. Pasti semua orang akan berpikir dan berkomentar: "Tanam kangkung saja koq sampai sedemikian rumit dan ribetnya. Itu kan tanaman yang paling mudah ditanam. Tumbuh di sawah-sawah, parit, selokan, bahkan got atau tanah yang lembab juga di atas lahan kosong seperti para petani kangkung di lahan kosong perumahan Kelapa Gading dan sekitarnya". Yup, memang betul sekali pemikiran dan jawaban di atas. Jenis sayuran yang satu ini paling mudah ditanam, tidak perlu ilmu berkebun tingkat tinggi untuk menanamnya.

Tetapi tentunya lain padang lain belalang, bila di Indonesia atau daerah beriklim tropis lainnya sayuran ini mudah sekali tumbuh, lain halnya dengan kami yang bertempat tinggal di Amrik. Mengapa sesulit itu ?.  Mari kita lihat berbagai kendala menanam kangkung di Amrik terutama di negara bagian yang mengalami musim salju. Mari kita telaah berbagai kendala tersebut satu persatu, terutama yang pernah saya alami.

Kendala pertama, bagaimana mendapatkan benih kangkung ?. Menurut berbagai informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber seperti internet dan bertanya dengan orang-orang yang suka berkebun, kangkung dapat ditanam dari biji, batang kangkung yang masih mempunyai akar ataupun potongan batang kangkung yang tidak berakar.  Kalau di Indonesia, biji kangkung dijual di toko pertanian, maka toko pertanian bahkan nursery yang menjual tanaman tidak ada yang menyediakannya. Mencari kangkung yang masih ada akarnya  di Asian grocery daerah kami tinggal seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Pokoknya mission impossible deh, karena kangkung yang dijual semua sudah dipotong akarnya. Biasanya kangkung yang ada di grocery store juga masih muda, tentunya batangnya tidak dapat ditanam kembali. Saking penasarannya, setelah sekian lama akhirnya mendapatkan informasi dari sesama orang Indonesia yang tinggal di negara bagian lain. Beliau mendapatkan bijinya dengan menbawanya ke Indonesia pada saat pulang kampung. Tetapi pada saat kepulangannya yang terakhir, biji kangkung tersebut tidak dapat melewati pemeriksaan di bandara Amrik. Berakhirlah si biji tersebut di meja penyitaan dan saya pun harus gigit jari tidak berhasil mendapatkan pembagian benih. Setelah beberapa lama rencana menanam kangkung terpendam karena masalah biji, kali ini saya serasa mendapatkan durian runtuh. Kali ini informasi berhasil didapatkan dari forum gardening di internet, bahwa ada penjual online yang menyediakannya. Perburuan dimulai dengan mencarinya di Ebay. Ternyata memang betul, banyak penjual online terutama dari Thailand menyediakan bibit ini.  Untuk sementara masalah pencarian biji/benih ini terselesaikan.

Biji kangkung
Biji Kangkung 

 

Kendala kedua, menentukan waktu yang tepat untuk menanam. Tempat kami tinggal terkenal dengan musim dinginnya yang panjang karena letaknya yang dekat sekali dengan Quebec, Canada. Hanya sekitar 6 jam perjalanan dengan menggunakan mobil dari tempat kami tinggal ke Quebec. Jadi bisa dibayangkan cukup dingin cuacanya. Musim dingin yang dimulai sekital tanggal 20 an December dan berakhir sekitar minggu ke tiga bulan Maret tahun berikutnya, tidak berarti bahwa pada akhir bulan Maret kegiatan berkebun di halaman dapat dilakukan. Pada bulan Maret dan April seringkali tanah masih diselimuti salju yang belum meleleh. Kangkung dapat bertahan hidup bila suhu berada di atas 50 F  (10 C). Dibawah suhu tersebut akan mati. Karena musim dingin yang cukup dingin dan panjang, masa produktif tanam kangkung terbatas. Bila ditanam di daerah tropis, jenis sayuran hijau ini siap dipanen dalam jangka waktu 30 hari. Lain halnya di daerah kami, kangkung siap dipanen biasanya pada waktu sekitar 60 hari. Jadi memerlukan dua kali masa tumbuh daripada biasanya.

Bagi saya, kedua kendala tersebut di atas adalah sangat signifikan. Sukses atau tidaknya untuk makan kangkung sepuasnya di Amrik tergantung dari dua hal tersebut.  Setelah sekian lama bermimpi untuk mempunyai kebun kangkung mini, tahun ini saya berhasil panen kangkung :). Keberhasilan tersebut bukan tanpa kegagalan lho. Beberapa tahun sebelumnya saya tidak pernah berhasil menanam kangkung.

Kebun kangkung mini
Kebun Kangkungku




No comments:

Post a Comment